Membuat DHCP Server pada windows 7

     Selamat pagi semua.. kali ini saya akan membagi pengalaman saya tentang membuat DHCP Server pada windows. Untuk itu saya menggunakan software yang bernama OpenDHCPServer yang bisa di download di http://sourceforge.net/projects/dhcpserver/.

    Pertama, kita setting terlebih dahulu PC atau laptop client. Untuk IP Address nya di obtain ya, karena kita akan mendapatkan IP otomatis dari DHCP Server. 

  
     Kemudian, atur terlebih dahulu IP pada PC Server. Kali ini saya menggunakan IP 192.168.1.30.
Nah, lalu klik START - All programs - Open DHCP Server - configure.


Maka otomatis akan terbuka melalui notepad. Tampilannya akan seperti ini.



   Pada [LISTEN_ON] digunakan untuk mengatur konfigurasi IP DHCP Server yang melakukan listening terhadap client. Set alamat IP di bagian ini sama dengan settingan IP DHCP server Anda (dalam hal ini adalah IP laptop). 



     [RANGE_SET] digunakan untuk mendefinisikan/mengaloksikan IP yang akan diterima client. Lakukan settingan sesuai konfigurasi jaringan Anda.  Saya menggunakan range IP dari 30-40.



  Lalu hubungkan client dengan server. Dapat melalui wireless ataupun manggunakan kabel LAN yang dihubungkan melalui switch. Lalu klik START - Open DHCP Server - Run Stand Alone.

  Beberapa saat akan muncul command prompt seperti ini .


   Selesai, sekarang coba cek IP pada laptop / PC client. Sudah mendapat IP dari DHCP bukan?
Previous
Next Post »