Cara Mengatasi Xampp Access Denied Pada PhpMyadmin

     Hai.. kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan membagi pengalaman saya tentang erorr xampp yang pernah saya alami. Banyak sekali erorr yang saya alami, salah satunya adalah munculnya notif seperti ini saat saya mencoba mengakses localhost/phpmyadmin :



     Padahal di hari sebelumnya xampp saya bekerja seperti biasanya, namun di keeseokan harinya entah kenapa tiba-tiba seperti ini. Padahal sudah saya coba untuk menginstall ulang xampp nya beberapa kali.

   Saya punya beberapa cara untuk mengatasinya, baiklah mari kita mulai dengan cara yang pertama.

CARA 1

1. ketik  localhost  pada browser kamu.
2. cllick secrity, letaknya disebelah kiri
3. click link yang tertera dibagian bawah, atau click disinihttp://localhost/security/xamppsecurity.php 
4. isi password kamu, untuk username defaultnya "root".




CARA 2

1.  Solusi kedua adalah buka file konfigurasi dari phpmyadminya. nih alamatnya (C:\xamppp\phpMyAdmin\ config.inc.php)
2.  buka file tersebut bebas pake tools apa aja.
3.  trus cari kode ini $cfg['Servers'][$i]['controluser'] = ‘$pma’;
4.  kalo udah ubah kode itu jadi $cfg['Servers'][$i]['controluser'] = ‘$root’;
     (ane udah coba nulis tanpa pake $ bisa juga).
5.  kalo udah diganti, save dan coba jalanin phpmyadmin pada browser.


   Bagaimana.. mudah bukan? :D
Previous
Next Post »