Penjelasan UBUNTU


Pengertian UBUNTU
     Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai software bebas. nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti    
"Kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas. Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Filosofi UBUNTU

   Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
      
    Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya bahwa aplikasi perangkat lunak
 tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun. Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Sejarah dan Pengembangan UBUNTU

    Ubuntu adalah salah satu proyek andalan Debian. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan sistem operasi desktop Linux yang mudah dipakai. Ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui.

    Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04dengan x angka genap) akan mendapatkan Long Term Support(LTS) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. Namun Ubuntu 12.04 yang akan dirilis April 2012 akan mendapatkan pembaruan sistem selama 5 tahun. Perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi bisnis dan pengguna IT yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.
    Paket-paket software Ubuntu berasal dari paket tidak stabil Debian; Ubuntu memakai format paket dan manajemen paket Debian (APT dan Synaptic). Paket Debian dan Ubuntu seringkali tidak cocok. Paket Debian sering kali perlu dibuat ulang dari source agar dapat dipakai di Ubuntu, begitu juga sebaliknya. Ubuntu bekerja sama dengan Debian untuk berusaha agar perubaha-perubahan sistem Ubuntu mengarah kembali ke Debian, namun hal ini hampir tak terlaksana. Penemu Debian, Ian Murdock, pernah berkata bahwa paket Ubuntu berpotensi mengarah terlalu jauh dari Debian. Sebelum setiap rilis Ubuntu, paket-paket diambil dari paket tidak stabil Debian dan digabung dengan modifikasi Ubuntu. Sebulan sebelum perilisan, pengambilan paket dihentikan dan kerja selanjutnya adalah memastikan paket-paket yang sudah diambil bekerja dengan baik.
   Ubuntu sekarang dibiayai oleh Canonocal Ltd. Pada 8 Juli 2005 Mark Shuttleworth mendirikan pendirian Ubuntu Foundation dan memberikan pendanaan awal sebesar US$10 juta. Tujuan dari pendirian yayasan ini adalah untuk memastikan pengembangan dan dukungan semua versi Ubuntu dapat terus berjalan.
    Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV. Dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang.  



Defini dan Filosofi UBUNTU

  Ubuntu adalah proyek yang digerakkan oleh komunitas untuk membuat sistem operasi dan kumpulan aplikasi dengan menggunakan perangkat lunak bebas dan open source. Yang menjadi inti dari Filosofi Ubuntu akan Kebebasan Perangkat Lunak adalah cita-cita berikut ini
:
1. Setiap pengguna komputer harus mendapat kebebasan untuk menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, berbagi bersama, mengubah dan meningkatkan perangkat lunak yang mereka miliki untuk tujuan apapun, tanpa harus membayar biaya lisensi.

2. Setiap pengguna komputer harus dapat menggunakan perangkat lunak dalam bahasa yang mereka kuasai.

3. Setiap pengguna komputer harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk menggunakan perangkat lunak, meskipun mereka memiliki keterbatasan fisik.
Mengutip tulisan dari Free Software Foundation “Apa itu Free Software”, inti dari kebebasan pada perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai berikut:
* Kebebasan untuk menjalankan programnya untuk tujuan apa saja.

* Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

* Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga dapat membantu sesama Anda.

* Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program, dan dapat menyebarkannya ke khalayak umum sehingga semua menikmati keuntungannya.
     Ubuntu sendiri dapat disebut sebagai sistem operasi open source. Sementara ada beberapa pihak yang berpendapat bahwa perangkat lunak bebas dan open source adalah pergerakan yang saling berkompetisi dan mempunyai tujuan akhir yang berbeda, kami sendiri tidak melihat atau menganggap perangkat lunak bebas dan open source sebagai sesuatu yang berbeda atau tidak cocok satu sama lain. Komunitas Ubuntu dengan bangga mengundang berbagai pihak, baik yang berasal dari komunitas free software dan komunitas open source dan juga pihak yang lainnya untuk turut serta mengembangkan Ubuntu.
minimal requirement penggunaan ubuntu :
- 300 MHz x86 Processor
- 64Mb RAM
- minimal 4gb disk space
- vga graphic card support 640×480 res
- cd-rom
namun terdapat effect visual2 menarik yang dapat di terapkan di ubuntu, ini menjadi daya tarik ubuntu user, namun visual effect ini hanya akan aktif bila hardware mempunyai spesifikasi minimal :
- 1,2 ghz CPU
- 256mb + 128mb RAM
- supported graphic card
 Kelebihan Menggunakan Ubuntu
  1. Tidak perlu membeli liscense dan boleh digunakan di banyak komputer hanya dengan 1 CD
  2. Stabil, bebas virur, malware, worm, dsb sehingga tidak perlu memasang program anti virus.
  3. Sangat ringan dan boleh digunakan pada komputer dengan hardware rendah
  4. Tidak sulit untuk instalasi driver karena kebanyakan driver telah ada di dalam cd seperti LAN, Wifi, Audio dsb..
  5. Bnyak aplikasi seperti untuk browsing internet, office, mendengar musik, memainkan video, phoyo viwer, kalkulator dsb…
  6. Tedapat live cd, yang memperbolehkan anda untuk mencoba menngunakan ubuntu tanpa harus instalasi ke dlam hardisk, hanya perlu boot menggunakan cd ubuntu untuk memasukan ke live cd session.
  7. Ada ubuntu software center, yang memudahkan anda untuk download aplikasi lainya yang tidak ada pada ubuntu.
  8. Desktop effect yang sangat keren dan menarik dengan compiz fusion.
  9. Dapat menjalankan aplikasi windows menggunakan wine (winsdows emulator).
  10. Tahap customization yang sngat tinggi, anda dapat mengubah dekstop dan sistem oprasi jika diinginkan.
  11. Terdpat versi baru ubuntu yang di keluarkan stiap 6 bulan untuk memastikan anda selalu up to date.
  12. Stabil dan masih banyak lgi kelebihan yang lainnya pada linux ubuntu
Kelebihan Ubuntu
  1. bebas virus ; untuk saat ini virus lebih senang menyerang OS dari MS yg ber ext .exe untuk ubuntu sudah beda jadi virus dari os tetangga tidak akan berjalan di os linux.
  2. 3D Interface : efeck 3D kita sering jumpai di OS tetannga seperti aero memerlukan spek komputer yg tinggi tetapi ubuntu dengan spek komputer yg tidak terlalu tinggi sudah bisa 3D
  3. Kompatibilas : Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru, dari mulai usb modem, wifi dan perangkat lain just plug n play
  4. Kemudahan Migrasi
  5. free alias gratis : tinggal download dari situs ubuntu dapat download.
  6. user friendly : untuk orang awam sekalipun bisa memakai ubuntu.
Kelemahan Menggunakan Ubuntu
  1. Masih belumcukup user frindly, terkadang pengguna biasa agak kaku dalam pengoprasianya terutama yang belum terbiasa dengan linux.
  2. Aplikasi kegemaran anda di Windows mungkin tidak dapat di gunakan di ubuntu sehingga tidak semua aplikasi competible dapat di jalankan dengan wine.
  3. Jika biasa menggunakan windows , anda mungkin merindukan fungsi superbar, Aero Glass dan bermacam-macam lagi fungsi yang tidak terdapat di Ubuntu.
Kekurangan Ubuntu

  1. Koneksi Internet : untuk update dan install ubuntu memerlukan koneksi internet sedangkan di indonesia tau sendiri internet mahal
  2. Terbatasnya pengetahuan tentang linux baik dari formal atau non formal karena indonesia kurikulum pendidikan masih lebih banyak OS dari MS, biasanya kita belajar dari internet atau dari forum untuk mengetahui apa sih linux itu
Fitur yang digunakan pada ubuntu
  1. untuk multimedia kita bisa mainkan mp3 dengan Rythmbox Music Player, memainkan dvd film di movie player , pitivi editor untuk mengedit film
  2. untuk jejaring sosial bisa memakain im messeger seperti ym, msn, jabber, gtalk dengan pidgin dan emphaty , untuk j ejaring sosial seperti facebook. tweeter dll dengan Gwibber microblogging.
  3. email dengan evolution, thunderbird
  4. browser dengan firefox, opera
  5. untuk efect 3d bisa menggunakan compiz dan emerald.
  6. untuk wifi sudah dilengkapi
 Macam-macam Ubuntu
  1. Xubuntu
Xubuntu adalah sebuah distribusi linux dan varian resmi yang berbasis Ubuntu yang menggunakan lingkungan dengan menggunakan tap Xfce. Xubuntu di tunjukan untuk pengguna yang menggunakan komputer dengan kinerja rendah atau mereka yang mencari lingkungan meja yang efesien pada komputer dengan kinerja tinggi.
  1. Kubuntu
Kubuntu merupakan varian resmi dari Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai lingkungan desktopnya, berbeda dengan ubuntu yang menggunakan  Gnome dan Xubuntu yuang menggunakan Xfce sebagai lingkungan desktopnya. Kubuntu didistribusikan secara geratis dan Kubuntu bisa di dapatkan secara Cuma-Cuma, Baik memlaului media unduh atau sphlit.
  1. Edubuntu
Edubuntu adalah distro luinuk yang dirancang untuk di pergunakan dalam sekolah atau ruang kelas. Edubuntu merupakan singkatan akronim dari bahasa inggris Education Ubuntu, yang artinya “pendidikan untuk semua orang”. Edubuntu lebih di khususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server-worktation. Edubuntu telah dikembangakan dalam kolaborasi dengan guru/pengajar dan teknologi di beberapa negara dan edubuntu di bangun diatas dasar ubuntu, menggabungkan LTSP thin client dan aplikasi pendidikan arsitektur-spesifik.
 Direktori dan Sistem Berkas
     Sistem berkas Linux dan Unix diorganisir dalam struktur hirarki, seperti pohon. Level tertinggi dari sistem berkas adalah / atau direktori root. Dalam filosofi disain Unix dan Linux, semua dianggap sebagai berkas, termasuk hard disks, partisi dan removable media. Ini berarti bahwa semua berkas dan direktori (termasuk cakram dan partisi lain) ada di bawah direktori root.
  Sebagai contoh, /home/jebediah/cheeses.odt menampilkan alur (path) ke berkas cheeses.odt yang ada di dalam direktori jebediah yang mana ada di bawah direktori home, yang berada di bawah direktori root (/).
   Di bawah direktori root (/), ada beberapa kumpulan direktori sistem penting yang umum digunakan oleh banyak distribusi Linux lainnya. Di bawah ini adalah daftar dari direktori umum yang berada tepat di bawah direktori root (/) :
  • /bin – aplikasi biner penting
  • /boot – berkas yang diperlukan untuk mem-boot komputer
  • /dev – berkas device (peranti)
  • /etc – berkas konfigurasi, skrip startup, dll (etc)…
  • /home – direktori pangkal (home) untuk pengguna
  • /lib – libraries sistem
  • /lost+found – menyediakan sistem lost+found untuk berkas yang ada dibawah direktori root (/)
  • /media – mount (memuat) removable media seperti CD-ROM, kamera digital, dll…
  • /mnt – untuk me-mount sistem berkas
  • /opt – tempat lokasi untuk menginstal aplikasi tambahan (optional)
  • /proc – direktori dinamis khusus yang menangani informasi mengenai keadaan dari sistem, termasuk proses (processes) yang sedang berjalan
  • /root – direktori pangkal untuk root, diucapkan ‘slash-root’
  • /sbin – sistem biner penting
  • /sys – mengandung informasi mengenai system
  • /tmp – berkas sementara (temporary)
  • /usr – tempat aplikasi dan berkas yang sering digunakan oleh pengguna (users)
  • /var – berkas variabel seperti log dan database
 Hak Izin
  Semua berkas dalam sistem Linux mempunyai hak izin yang dapat mengizinkan atau mencegah orang lain dari menilik, mengubah atau mengeksekusi. Pengguna super “root” mempunyai kemampuan untuk mengakses setiap berkas dalam sistem. Setiap berkas memiliki pembatasan akses, pembatasan pengguna, dan memiliki asosiasi pemilik/grup.
Setiap berkas dilindungi oleh tiga setelan hak izin berikut ini:
  • pengguna
berlaku bagi pengguna yang adalah pemilik dari suatu berkas
  • grup
berlaku bagi grup yang berhubungan dengan suatu berkas
  • lainnya
berlaku bagi semua pengguna lainnya
Di dalam setiap dari tiga setelan hak izin ada hak izin sesungguhnya. Hak izin, dan cara penggunaannya untuk berkas dan direktori, diuraikan dibawah ini:
  • baca
berkas dapat ditayangkan/dibuka
isi direktori dapat ditayangkan
  • tulis
berkas dapat disunting atau dihapus
isi direktori dapat diubah
  • eksekusi
berkas eksekusi dapat dijalankan sebagai program
direktori dapat dimasuki
Untuk menilik dan menyunting hak izin pada berkas dan direktori, buka Places->Home Folder dan klik kanan di berkas atau direktori. Kemudian pilih Properties. Info hak izin ada di tab Permissions dan Anda dapat mengubah seluruh level hak izin, apabila Anda adalah pemilik dari berkas tersebut.
Terminal
  Bekerja dengan baris perintah tidaklah tugas yang menakutkan seperti yang Anda pikir sebelumnya. Tidak dibutuhkan pengetahuan khusus untuk mengetahui bagaimana menggunakan baris perintah, ini adalah program seperti yang lainnya. Semua tugas di Linux dapat diselesaikan menggunakan baris perintah, walaupun telah ada alat berbasis grafik untuk semua program, tetapi kadang-kadang itu semua tidak cukup. Disinilah baris perintah akan membantu Anda.
   Terminal sering disebut command prompt atau shell. Di masa lalu, hal ini adalah cara pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, dan para pengguna Linux berpendapat bahwa penggunaan perintah melalui shell akan lebih cepat dibanding melalui aplikasi berbasis grafik dan hal ini masih berlaku sampai sekarang. Disini Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan terminal.
  Kegunaan awal dari terminal adalah sebagai peramban (browse) berkas dan kenyataannya saat ini masih digunakan sebagai peramban berkas, di saat lingkungan berbasis grafik tidak tersedia. Anda dapat menggunakan terminal sebagai peramban berkas untuk melihat berkas dan membatalkan perubahan yang telah dibuat.

Menjalankan Terminal

Untuk menjalankan Terminal pilih Applications->Accessories->Terminal .

Perintah Umum

Menilik Direktori – ls
Perintah ls (LiSt) melihat daftar berkas dalam suatu direktori.
Membuat Direktori – mkdir (nama direktori)
Perintah mkdir perintah (MaKeDIRectory) untuk membuat direktori.
Mengubah Direktori – cd (/direktori/lokasi)
Perintah cd perintah (ChangeDirectory) akan mengubah dari direktori Anda saat ini ke direktori yang Anda tentukan.
Menyalin Berkas/Direktori – cp (nama berkas atau direktori) (ke direktori atau nama berkas)
Perintah cp perintah (CoPy) akan menyalin setiap berkas yang Anda tentukan. Perintah cp -r akan menyalin setiap direktori yang Anda tentukan.
Menghapus Berkas/Direktori – rm (nama berkas atau direktori)
Perintah rm perintah (ReMove) akan menghapus setiap berkas yang Anda tentukan. Perintah rm -rfakan menghapus setiap direktori yang Anda tentukan.
Ganti Name Berkas/Direktori – mv (nama berkas atau direktori)
Perintah mv perintah (MoVe) akan mengganti nama/memindahkan setiap berkas atau direktori yang Anda tentukan.
Mencari Berkas/Direktori – mv (nama berkas atau direktori)
Perintah locate akan setiap nama berkas yang Anda tentukan yang ada di dalam komputer. Perintah ini menggunakan indeks dari berkas dalam sistem Anda untuk bekerja dengan cepat: untuk memutakhirkan indeks ini jalankan perintah updatedb. Perintah ini berjalan otomatis setiap hari, apabila komputer Anda nyala terus setiap hari. Dan perintah ini harus dijalankan dengan hak akses administratif.
Perintah Dasar GNU/LINUX
   Perintah-perintah (command) dasar di GNU/Linux di jalankan di suatu terminal shell yangbiasa disebut  terminal atau console. Terminal atau console ini dikenal dengan istilah command line interface (CLI) yang bisa diaktifkan dengan cara klik menu Applications – Accessories – Terminal. Selain itu bisa juga dengan bekerja diconsole murni dengan menakan kombinasi tombol ctrl+alt+F1 dimana F1 bisa diganti sampai F6. Untuk kembalike mode Grafical User Interface (GUI) tekan ctrl+alt+F7.
Berikut ini hanya beberapa command yang umum terdapat di setiap distribusi GNU/Linux
khususnya distribusi Ubuntu.
  • login
Fungsi : Untuk masuk ke dalam jaringan .
Keterangan : Setiap pemakai sah dari sistem UNIX mempunyai identifikasi pemakai sendiri (ID).
  • password
Fungsi : Memasukkan kata sandi setelah login.
Keterangan : Untuk pemakai yang baru didaftar oleh SUPER USER maka user tidak perlu memasukkan kata sandi. Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan tombol password tidak ditampilkan di layar.
  •  login
Fungsi : Untuk membuat atau mengubah kata sandi .
  • who
Fungsi : Untuk mengetahui daftar pemakai yang sedang aktif (login).
  •  finger
Fungsi : Finger mempunyai kegunaan hampir sama dengan who, hanya saja finger menyediakan informasi identitas user yang lebih lengkap dari ada who.
  • logout
Fungsi : Untuk keluar dari sistem atau mengakhiri satu sesi login .
Keterangan : Bila pemakai akan mengakhiri penggunaan terminal sebaiknya menjalankan perintah ini, agar hak akses pada log in-nya tidak disalahgunakan oleh orang lain yang tidak berhak.
  •  exit
Fungsi : Untuk keluar dari sistem .
Keterangan : Sama dengan perintah log out.
  • whoami
Fungsi : Untuk mengetahui user siapa yang digunakan sedang login di suatu
komputer/terminal.
Keterangan : Digunakan bila menemukan terminal yang belum logout atau exit dan ingin mengetahui milik siapa terminal tersebut diaktifkan.
  • date
Fungsi : Menunjukkan atau mengatur tanggal.
ten. cal
Fungsi : Mencetak kalender mulai tahun 0000 s/d 9999.
  •  ls
Fungsi : Menampilkan daftar file dalam directori aktif.

Keterangan : Perintah ini akan menampilkan informasi mengenai directori dan file. Bentuk sederhana perintah ls akan menampilkan hanya nama file. Bentuk panjang ditandai dengan menggunakan option , yang akan
menampilkan nama-nama file beserta informasi untuk setiap file yang
ditampilkan.

Option-option yang disediakan :
  • Tampilkan semua file di listing termasuk isian.
  • Tampilkan hanya nama listing
  • Cetak ID kelompok hanya untuk bentuk panjang
  • Cetak nomor untuk setiap pemakai
  • Tampilkan seluruh file secara lengkap
  • Cetak ID pemakai (bila pemakai 1)
  • Ubah urutan pengaturan nama file yang telah disusun
  • Atur nama file berdasarkan waktu modifikasi terakhir, tidak berdasarkan Nama

Fitur-Fitur Ubuntu
  • Display manager baru.
Ubuntu 11.10 tidak akan lagi menggunakan GDM sebagai login manager, sebuah login screen baru yang indah, Lightdm akan menggantikannnya…
  • Peningkatan dan perbaikan pada Unity Launcher, Unity Dash dan Unity Panel.
Unity yang mulai diperkenalkan Canonical pada Ubuntu 11.04 sebagai antar muka pengganti Gnome shell akan mendapatkan banyak peningkatan, termasuk aplikasi pencarian yang lebih cerdas ketika menggeser file-file yang berbeda serta fitur pencarian dalam Dash yang lebih baik…
  • Sebuah perangkat pencadangan yang disebut Deja Dup.
Deja Dup menjadi perangkat pembackup yang dapat digunakan untuk membackup dan merestore semua file termasuk yang beratribut hidden pada folder home Anda…
  • Mozilla Thunderbird 7.
Thunderbird menjadi email client default menggantikan Evolution yang akan disingkirkan secara total dari sistem…
  • Fungsi kombinasi tombol baru, Alt+Tab untuk bekerja pada multiple desktop.
  • Menu Power Applet yang lebih optimal.
Kini, saat Anda menekan Power applet akan disajikan menu pilihan yang lebih lengkap termasuk menu pengaturan monitor, perangkat bluetooth, aplikasi startup, printer, perangkat USB serta system update…
  • Penampilan yang lebih sederhana dan lebih baik pada file manager Nautilus 3.
  • Perbaikan dan peningkatan Ubuntu Software Center.
Ubuntu 11.10 akan menjadi rilis ke lima belas dari sistem operasi Ubuntu, sebuah distribusi Linux populer yang dikembangkan oleh Canonical
Media Instalasi Ubuntu
   Media instalasi merupakan media yang digunakan untuk menginstall distribusidistribusi GNU/Linux termasuk Ubuntu. Pada dasarnya media instalasi yang dijelaskan disini digunakan juga oleh distribusi GNU/Linux lainnya.
Distribusi biasa disebut distro merupakan kernel linux (OS) beserta paketpaket aplikasi yang dibundle sedemikian rupa. seperti ubuntu, redhat, centos, slackware dan lainnya. http://www.distrowatch.com.
Ada beberapa pilihan media instalasi yang dapat digunakan untuk menginstall distribusi Ubuntu pada komputer anda yaitu:
  • Media CD/DVD ROM
Media ini merupakan media instalasi yang paling populer dan menjadi media utama yang ditawarkan oleh pihak pengembang termasuk Ubuntu sendiri.
Media ini bisa diperoleh dengan cara request free CDs (Shipit) atau membeli dari pihak ketiga, bisa juga download file ISO kemudian burn ke CD.
  • Media Flash Disk
BIOS komputer harus mendukung booting dari USB. Media flash disk ini cocok untuk komputer-komputer yang tidak memiliki CD/DVD drive seperti netbook yang banyak digunakan saat ini. Tekniknya sangat sederhana yaitu ISO file yang telah didownload disimpan ke flash disk dengan teknik tertentu yang akan
dibahas tersendiri pada bagian berikutnya.
  •  Lainnya
Selain kedua media diatas ada beberapa media lain yang bisa digunakan seperti harddisk, FTP dan NFS.
Bagaimana mendapatkan master installer Ubuntu? Jawabannya sangat mudah tentunya, akses ubuntu.com situs resmi developer. Ubuntu. Disitus ini ada dua alternative pilihan yang dapat digunakan untuk
memperoleh installer Ubuntu yaitu dengan cara download file ISO atau pesan CD
Ubuntu Gratisan (Shipit), berikut penjelasan kedua cara tersebut.
Download file ISO Ubuntu
    Pada umumnya master distro GNU/Linux disediakan dalam format ISO file yang merupakan format terkompresi dalam bentuk picture file. Khusus untuk Ubuntu dapat didownload dihttp://ubuntu.com/download. File ISO yang disediakan dikategorikan dalam beberapa bagian yaitu:
  • Ubuntu Desktop
Diperuntukkan untuk komputer-komputer desktop termasuk laptop computer dan sejenisnya kecuali netbook. Dalam keadaan terpaksapun sebenarnya jenis desktop bisa berjalan dengan baik dinetbook. Dibutuhkan memory dengan kapasitas minimal 256MB untuk menginstall versi ini, agar berjalan dengan
baik dari pengalaman penulis sebaiknya memory diatas 512MB.
Setiap versi Ubuntu Desktop dibagi dalam dua kategori berdasarkan jenis microprocessor yaitu:
  • Ubuntu Desktop 32-bit
Jika anda menggunakan mikroprocessor keluaran intel maka jenis ini
yang harus anda download. Ubuntu Desktop 32-bit biasa juga disebut
X86 atau i386 dimana i merujuk ke code name intel. Jenis ini juga
digunakan untuk AMD 32 bit.
  • Ubuntu Desktop 64-bit
Jika anda menggunakan mikroprocessor keluaran AMD 64 bit pastikan
mendownload jenis ini. Berlaku juga untuk jenis arsitektur EM64T seperti
Athlon64, Opteron, EM64T Xeon dan Core two.
Ubuntu Server
   Diperuntukkan bagi komputer-komputer kelas server dan tanpa dukungan terhadap lingkungan Grafical User Interface (GUI) secara default. Ubuntu server hadir dengan lingkungan Command Line Interface (CLI) secara
default. Jika anda telah menginstall Ubuntu Server jangan lagi mencari tampilan grafis. Jenis ini tersedia dalam dua kategori seperti diversi Ubuntu. Desktop yaitu Ubuntu Server 32-bit dan Ubuntu Server 64-bit.
 Ubuntu Alternate
   Jika anda memiliki memory dibawah 256MB dengan spesifikasi hardware yang pas-pasan sebaiknya menggunakan Ubuntu Alternate sebagai solusi karena proses instalasi disajikan dalam mode text menu. Selain itu dengan CD alternate, upgarde versi Ubuntu dapat dilakukan tanpa perlu ada koneksi net keserver Ubuntu. Jenis ini tersedia dalam dua kategori seperti diversi Ubuntu lainnya yaitu Ubuntu alternate 32-bit dan Ubuntu alternate 64-bit.
Ubuntu Netbook
Diperuntukkan untuk netbook yang tersedia two versi yaitu:
  • Netbook live CD
Jika netbook anda memiliki externel CD drive untuk digunakan live cd/install. Tidak ada perbedaan versi untuk jenis ini karena sudah mendukung intel/amd dan jenis lainnya.
  •  Netbook live picture
    Tersedia untuk platforms ARM yang terdiri atas, Marvell Dove netbook live picture, Freescale i.MX51 netbook live picture, Kedua jenis ini hanya mendukung booting dengan usb picture., Kesalahan umum yang terjadi ketika seorang pemula yang telah mendownload salah satu file ISO yaitu CD Ubuntu yang telah diburn tidak dapat melakukan proses booting karena file ISO diburn sebagai file knowledge yang seharusnya harus  diburn sebagai picture file.
Perhatian buat pemula, file ISO yang telah didownload harus diburn sebagai picture.
Jika bandwidth net yang anda miliki pas-pasan sebaiknya download dari
server yang berlokasi di Indonesia. Berikut daftar-daftar yang kami
rekomendasikan:
  • FOSS-ID dengan url di ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/ubuntu/releases
  • KAMBING.ui.ac.id dengan url di ftp://kambing.ui.ac.id/iso/ubuntu/releases
  • Repo UGM dengan url di ftp://repo.ugm.ac.id/iso/ubuntu
Pesan CD Ubuntu Gratisan (Shipit)
Cara ini membutuhkan waktu karena dikirim langsung dari luar negeri.
Cara mendapatkan Master instaler  Ubuntu

  Jawabannya sangat mudah tentunya, akses www.ubuntu.com situs resmi developer Ubuntu. Disitus ini ada dua alternative pilihan yang dapat digunakan untuk memperoleh installer Ubuntu yaitu dengan cara download file ISO atau pesan CD Ubuntu Gratisan (Shipit), berikut penjelasan kedua cara tersebut.
1.Download file ISO Ubuntu
  Pada umumnya master distro GNU/Linux disediakan dalam format ISO file yang merupakan format terkompresi dalam bentuk image file. Khusus untuk Ubuntu dapat didownload dihttp://ubuntu.com/download. file ISO yang disediakan dikategorikan dalam beberapa bagian yaitu:
a. Ubuntu desktop
   Diperuntukkan untuk komputer-komputer desktop termasuk laptop dan sejenisnya kecuali netbook. Dalam keadaan terpaksapun sebenarnnya jenis desktop bisa berjalan dengan baik di netbook. Dibutuhkan memory dengan kapasitas minimal 256MB untuk menginstall versi ini, agar berjalan dengan baik dari pengalaman penulis sebaiknya memory diatas 512MB.
Setiap versi Ubuntu Desktop dapat dibagi dalam dua kategori berdasarkan jenis microprocessor yaitu:

• Ubuntu Desktop 32-bit
Jika anda menggunakan microprocessor keluaran intel maka jenis ini yang harus anda download. Ubuntu Desktop 32-bit biasa juga disebut X86 atau i386 dimana i merujuk ke code name intel. Jenis ini juga digunakan untuk AMD 32 bit.

• Ubuntu Desktop 64-bit
Jika anda menggunakan microprocessor keluaran AMD 64 bit pastikan mendownload jenis ini. Berlaku juga untuk jenis arsitektur EM64T seperti Athlon64, Optreron, EM64T Xeon dan Core 2.
b. Ubuntu Server
   Diperuntukkan bagi komputer-komputer kelas server dan tanpa dukungan terhadap lingkungan Grafival User Interface (GUI) secara default. Ubuntu server hadir dengan lingkungan Command Line Interface (CLI) secara default. Jika anda telah menginstall Ubuntu Server jangan lagi mencari tampilan grafis. Jenis ini tersedia dalam dua kategori seperti diversi Ubuntu Desktop yaitu Ubuntu Server 32-bit dan Ubuntu Server 64-bit.
c. Ubuntu Alternate
    JIka anda memiliki memory dibawah 256MB dengan spesifikasi hardware yang pas-pasan sebaiknya menggunakan Ubuntu Alternate sebagai solusi karena proses instalasi disajikan dalam metode text menu. Selain itu dengan CD Alternate , upgrade versi Ubuntu dapat dilakukan tanpa perlu ada koneksi internet ke server Ubuntu. Jenis ini tersedia dalam dua kategori seperti diversi Ubuntu lainnya yaitu Ubuntu Alternate 32-bit dan Ubuntu Alternate 64-bit.
d. Ubuntu Netbook
Diperuntukkan untuk netbook yang tersedia dua versi :
• Netbook Live CD
Jika anda memiliki external CD drive untuk digunakan live cd/install. Tidak ada perbedaan versi untuk jenis ini karena sudah mendukung intel/amd dan jenis lainnya.
• Netbook Live image
Tersedia untuk Platforms ARM ya ng terdiri atas :
- Marvell Dove netbook live image
- Freescale i.MX51 netbook live image
   Kedua jenis ini hanya mendukung booting dengan USB image.
Kesalahan umum yang terjadi ketika seorang pemula yang telah mendownload salah satu file ISO yaitu CD Ubuntu yang telah diburn tidak dapat melakukan proses booting karena file ISO diburn sebagai file data yang seharusnya harus diburn sebagai image file.
Perhatian buat pemula,file ISO yang telah didownload harus diburn sebagai image.
Jika bandwidth internet yang anda miliki pas-pasan sebaiknya download server yang berlokasi di Indonesia.
Berikut daftar-daftar yang kami rekomendasikan :
- FOSS-ID dengan url di ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/ubuntu/releases
- KAMBING.ui.ac.id dengan url di ftp://kambing .ui.ac.id/iso/ubuntu/releases
- Repo UGM dengan url di ftp://repo.ugm.ac.id/iso/ubuntu
2. Pesan CD Ubuntu Gratisan (Shipit)
Cara ini membutuhkan waktu karena dikirim langsung dari luar negeri. Gunakan fasilitas request free CDs ( Shipit ) yang ada di website ubuntu.com dengan url https://shipit.ubuntu.com.

Mengenal Partisi GNU/LINUX UBUNTU
Jenis Partisi GNU/Linux Ubuntu
Dilingkungan GNU/Linux dan sistem komputer umumnya dikenal tiga jenis
partisi yaitu:
  • Partisi Primary
Jenis partisi ini merupakan jenis partisi utama diharddisk untuk process operasi umumnya. Partisi primary hanya bisa dibuat maksimal four partisi, hal ini sangat berbeda dengan sistem DOS yang hanya mengijinkan satu jenis partisi primary untuk process. Jenis partisi ini menempati nomor partisi satu, dua,tiga dan empat. Misalnya harddisk sda bisa dibuat sda1, sda2, sda3 dan sda4.
  • Partisi Extended
Merupakan partisi perluasan untuk mengatasi kekurangan partisi primary dimana hanya dimunkinkan adanya empat partisi. Jika ingin memiliki partisi lebih dari empat maka partisi extended dibutuhkan yaitu dengan cara mengorbankan satu jenis partisi primary kemudian digunakan oleh partisi extended.
Didalam partisi extended ini nantinya dibuat partisi logical untuk mendapatkan partisi yang lebih banyak. Partisi extended tidak dapat digunakan menyimpan information. Partisi jenis ini selalu menempati nomor partisi
+1 dari partisi primary. Misalnya ada dua jenis partisi primary di harddisk sda maka posisi partisi extended adalah sda3.
  • Partisi Logical
Jenis partisi logical selalu dibuat didalam partisi extended. Nomor partisi selalu mulai dari five sampai seterusnya. Misalnya ada three jenis partisi logical di sda maka masing-masing menempati sda5, sda6 dan sda7. Pada penjelasan diatas digunakan jenis harddisk SCSI dimana harddisk SATA termasuk jenis ini di Ubuntu. Penamaan harddisk IDE tidak dibahas disini karena Ubuntu membaca harddisk sebagai SCSI.dua. Perbandingan tabel partisi GNU/Linux dan DOS/Windows Terpaksa harus membahas jenis partisi DOS/Windows dengan asumsi
kebanyakan dari kita sudah terlanjur dari lingkungan tersebut.

GNU/Linux
Contoh kasus harddisk posisi sda.
- Partisi Primary ada three yaitu sda1, sda2 dan sda3
- Partisi Extended pasti hanya satu menempati sda4 (bawah sda5, sda6, sda7)
- Partisi logical ada three yaitu sda5, sda6 dan sda7

DOS/Windows
Contoh kasus harddisk yang dibuat dari DOS/Windows.
- Partisi Primary ada one yaitu drive C
sda1 sda2 sda3 sda5 sda4 sda6 sda7

C D sda4 E F
- Partisi Extended tidak terdefinisikan di abjad
- Partisi logical ada three yaitu drive D, drive E dan drive F
Jika diterjemahkan ketabel partisi GNU/Linux informasinya sebagai berikut:
- Partisi Primary ada one yaitu sda1
- Partisi Extended pasti hanya satu menempati sda2
- Partisi logical ada three yaitu sda5, sda6 dan sda7
Perbedaan utama antara tabel partisi GNU/Linux dan DOS/Windows terletak pada jumlah partisi primary yaitu process DOS/Windows hanya memiliki satu jenis partisi primary sedangkan GNU/Linux bisa four jenis partisi primary. Alokasi Partisi Ubuntu
Setelah mengenal jenis partisi di GNU/linux harusnya membaca tabel partisi

Instalasi Ubuntu
  1.  Langkah pertama adalah melakukan pengaturan boot order komputer ke media instalasi yang digunakan, bisa ke CD/DVD Drive atau USB Flashdisk. Jika sudah boot komputer melalui media tersebut, tunggu sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
  2. Pilih opsi Install Ubuntu.
  3. . Langkah kedua, ubuntu akan menampilkan routine pemeriksaan sebelum melakukan instalasi. Disini yang perlu dipilih adalah melakukan klik opsi Download updates while installing. Opsi ini mengharuskan kita untuk memilki Koneksi Internet.
  4. TIPS : Disarankan menggunakan Koneksi Kabel, bukan wireless. Karena wireles memiliki transfer yang lambat dibandingkan kabel.
  5.  Lalu pilihlah tipe instalasi yang diinginkan. Jika hard disk anda masih kosong, dan ingin menggunakan semuanya untuk ubuntu, silahkan pilih Menu Erase disk and install Ubuntu. Tetapi jika anda akan membagi lagi partisi dengan keinginan anda, pilih menu Something else.
  6. Kemudian klik tombol Continue.
  7. Pada contoh ini, saya memilih opsi untuk menggunakan semua ruang hard disk diinstall ubuntu. Pilihlah drive yang ingin diinstall.
  8. Jika sudah, klik tombol Install Now.
  9.  Proses Format dan Persiapan instalasi Ubuntu Dimulai.
  10. Langkah berikutnya, pilih lokasi anda berada. Saya memilih Jakarta sesuai dengan zone waktu tempat tinggal saya. Lalu Klik Continue untuk melanjutkan.
  11. Pilih Layout Keyboard yang digunakan. Jika sudah, klik Continue untuk melanjutkan.
  12.  Isi Informasi User beserta password anda. Jika sudah, klik tombol Continue untuk menuju proses berikutnya.
  13. Proses Installasi Ubuntu pun dimulai, tunggu sampai selesai.
  14.  Jika sudah selesai, restart ubuntu dengan meng-klik tombol Restart Now.
  15. Komputer akan direstart ulang hingga muncul tampilan Log In User. Masukkan password anda, lalu tekan Tombol Enter.
  16.  Proses Instalasi Ubuntu telah selesai.
3.5 Aplikasi Default ubuntu
     Paket Ubuntu menawarkan paket Sistem Operasi dan aplikasi standar untuk perkantoran (spreadsheet,pengolah kata, presentasi), pengolah gambar (seperti Photoshop, pengelola foto), aplikasi terkait dengan internet (Internet Browser (Firefox)Instant Messaging) maupun aplikasi multimedia (Music Player, CD/DVD Creator, Video Player).

Accessories
1. Calculator berfungsi untuk melakukan perhitungan matematika
2. Cd/dvd Creator
3. Character map
4. Disk usage analyzer
5. Manage print jobs
6. Passwords and encryption keys
7. Take screenshot
8. Terminal
9. Text editor
10. Tomboy notes
11. Ark
12. Emacs 22(X11)
Game
1. Aisleriot solitaire
2. Blackjack
3. Chess
4. Five or more
5. Four-in-a-Row
6. freeCell solitaire
7. gnometris
8. lagno
9. klotski
10. mahjongg
11. mines
12. nibbles
13. robots
14. same GNOME
15. Sudoku
16. Tali
17. Tetravex
Graphics
1. F-Spot Photo Manager
2. GIMP Image Editor
3. OpenOffice.org Drawing
4. XSane Image Scanning Program
Internet
1. Ekiga Softphone
2. Evolion mail
3. Firefox Web browser
4. Pidgin internet messenger
5. Remote deskto[ viewer
6. Terminal server client
7. Transmission BitTorrent client
Office
1. Dictionary
2. Evolution mail and calendar
3. openOffice.org presentation
4. openOffice.org spreadsheet
5. openOffice.org word processor
sound & Video
1. brasero disc burner
2. movie player
3. rhythmbox music player
4. sound recorder








Previous
Next Post »