MICROSOFT OFFICE

MICROSOFT OFFICE
        Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, Access dan PowerPoint.
Microsoft office dibuat dengan tujuan untuk memudahakan dan melayani di bidang urusan perkantoran. Karena di bidang perkantoran banyak membutuhkan program yang berbasis untuk menjalankan pengolahan kata, pengolahan angka, dan terkadang juga diguakan untuk mempresentasikan sesuatu.
Dan microsoft office ini akan dikembangkan lagi menjadi program-program yang lebih canggih dan pastinya sangat berguna.
Seperti microsoft office grovee, microsoft office info path, microsoft office oneNote, microsoft office Outlook, microsoft office publisher.
            Dan berikut ini akan dijelaskan dengan macammacam pengertian dan fungsi beberapa aplikasi yang ada pada micrsoft office.

1.)   Microsoft office word


1981-1990 Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.Tahun 1990-1995

            Microsoft office word adalah aplikasi program pengolah kata yang didalamnya terdapat beberaapa menu tools dengan berbagai fungsi kegunaan.
Microsoft office word digunakan untuk mengolah kata menjadi sebuah dokumen yang di dalam dokumen tersebut dapat disisipkan gambar, tabel, clipart, dan lain sebagainya sesuai kehendak dan keperluan dokumen.
            Berikut adalah bagan-bagian dari microsoft office word beserta fungsi kegunaanya:
1. Menu View
         
            Menu View  berfungsi  untuk  mengatur   bagaimana  tampilan   dokumen. Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu view
            Beberapa icon yang ada pada menu view beserta penjelasan fungsinya:
1. Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
2. Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
3. Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
4. Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
5. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita                                         6.Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek
7. Headaer and Footer : Membuat  judul  berulang  diatas  (header)  dan  dibawah (footer)
8.
 Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh 
9.
 Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen

2. Menu Insert
         
              Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu insert
            Berikut beberapa icon yang ada pada menu insert beserta penjelasan fungsinya :

1. Break : Berganti Halaman
2. Page Number : Penomoran halaman
3. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4. Symbol : Menyisip suatu simbol
5. Footnote : Membuat catatan kaki
6. Picture : Menyisip gambar
7. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
8. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
9. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.Object : Menyisip suatu objek  atau program lain  yang  akan  digunakan dalam bekerja.

3. Menu Format

             Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll. Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu forma

            Beberapa icon yang ada pada menu format beserta penjelasan fungsinya :

1. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
2. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
3. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
4. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
5. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
6. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
7. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
8. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
9. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
10. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
11. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
12. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf




4. Menu Tools

            Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja. Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu tools.
            Berikut beberapa icon yang ada pada menu Tools beserta penjelasan fungsinya :

1. Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
2. Research :Mencari dokumen tertentu
3. Letter and Mailing :Membuat surat dan email
4. Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
5. Customize :Pengaturan,  penambahan, dan  pengurangan  jenis  ikon  yang aktif yang akan digunakan dalam menu
6. Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum


5. Menu Table

          Menu Table  berfungsi  untuk membuat table  dan mengatur tabel  tersebut.
Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu table.

            Berikut beberapa icon yang ada pada menu Table beserta penjelasan fungsinya :
1. Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
2. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
3. Delete : Menghapus tabel, baris dll
4. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
5. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
6. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
7. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
8. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
9. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
10. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
11. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
12. Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
13. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
14. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel

6. Menu Windows

             Menu Windows  berfungsi  untuk   mengatur  lembar  kerja. Berikut   ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu windows.
            Berikut beberapa icon yang ada pada menu windows beserta penjelasan fungsinya :

1. New Window : Membuat lembar kerja window baru
2. Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
3. Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian
Menu Help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word. Salah satu bagian yang ada menu help yaitu:

1.      Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah.

Toolbar Standart

Tollbar standart ini terletak  di bawah toolbar menu dan pada toolbar standart ini berbentuk gambar.Bagian-bagian dari toolbar standart antara lain:

1. New Blank Document : Membuat file yang baru
2. Open : Membuka file yang telah disimpan
3. Save : Menyimpan dokumen
4. Permission : Menentukan izin akses dokumen
5. E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat email
6. Print : Mencetak dokument yang sudah diketik
7. Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
8. Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
9. Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
10. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita
11. Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
12. Paste : Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard
13. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan
14. Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan
15. Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter
16. Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
17. Insert Table : Menyisip tabel
18. Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel
19. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
20. Drawing : Menampilkan menu Drawing
21. Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi
22. Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja
23.Microsoft office Word help :  Menampilkan Bantuan
24. Read : Membaca dokument halaman per halaman

ToolBar Formatting

Toolbar Formatting ini terletak di bawah toolbar standart.Bagian-bagian di dalam toolbar ini antara lain:

1. Styles and Formating : Memformat huruf
2. Style : Jenis jenis huruf
3. Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
4. Font Size : Ukuran huruf
5. Bold : Menebalkan huruf teks
6. Italic : Membuat Teks menjadi miring
7. Underline : Menggaris bawahi Teks
8. Align Left : Perataan Kiri
9. Center : Perataan tengah
10. Align Right : Perataan kanan
11. Justify : Perataan kiri-kanan
12. Line Spacing : Mengatur spasi dalam pengetikan
13. Numbering : Memberi nomor secara berurutan setiap baris
14. Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraf
15. Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke kiri
16. Increaase Indent : Menggeser indentasi ke kanan
17. Outside Border : Membuat border pada teks
18. Highlight : Memberi warna arsiran pada teks
19. Font Colour : Mengatur Warna teks

2)  Microsoft office excel

Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama lain). Piranti lunak (software) type spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979. Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus
 singkat pengembangan Microsoft Excel.
Versi Tahun Keterangan
2 1987 Excel semula dikembangkan untuk PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk pertama bagi PC-IBM langsung memakai Versi 2.0, semata-mata untuk menyeragamkan versi Excel untuk Macintosh yang sudah mencapai versi 2.0.
3 1990 Menyertakan toolbar, kemampuan menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan beberapa tambahan fasilitas lainnya.
4 1992 Adalah versi yang terpopuler. Menyertakan banyak fasilitas tambahan lainnya. Versi Microsoft Excel for Windows dikeluarkan
5 1993 Perbaikan besar-besaran, termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus dalam suatu workbook.
7* 1995 Dikenal juga sebagai Excel 95. Penomoran versi langsung melompat ke versi- 7 tanpa ada versi-6, semata-mata agar terdapat keseragaman versi dengan software yang terintegrasi dalam Microsoft Office for Win’95. Versi ke-7 dari Excel dengan kemampuan 32-bit pertama walau fasilitasnya sebagian besar sama dengan versi 5.
8 1997 Dikenal juga sebagai MS-Excel 97.
9 1999 Dikenal juga sebagai MS-Excel 2000. Mengenali format bahasa HTML.
10 2001 Dikenal juga sebagai MS-Excel XP (Experience).


DEFINISI MICROSOFT EXCEL

Microsoft Excel merupakan aplikasi  software pengolah angka.untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika.
Microsoft Excel untuk kehidupan sehari-hari  Microsoft Excel merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengolah angka yang paling banyak digunakan pada saat ini, selain untuk pengolahan angka, perangkat lunak ini dapat digunakan untuk analisa data, pengolahan dokumen, pembuatan database dan pembuatan grafik. Software ini sangat membantu untuk menyelesaikan semua permasalahan pada bidang administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Masalah yang sederhana misalnya membuat rencana kebutuhan barang yang meliputi nama barang, perkiraan harga barang dan jumlah barang. Sedangkan contohnya masalah yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan yang memerlukan banyak perhitungan serta manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
Berikut ini adalah manfaat Microsoft Excel yang perlu ketahui :
 1. Buat grafik data dalam satu sel
Dengan menggunakan sparklines, Anda dapat membuat grafik dalam satu sel dengan cepat dan mudah.
2. Tepat pada titik sasaran data
Pada Microsoft Excel 2007 dan 2010 dilengkapi dengan perangkat tambahan yang menarik untuk Pivot Tables Anda.
3. Dapat mengakses spreadsheet Anda dari mana saja
Post spreadsheet yang dilakukan secara online kemudian bila annda mengakses, mengedit dan melihatnya dari komputer manapun atau smartphone berbasis windows Mobile maka data tersebut akan terakses dengan sangat mudah.
4. Sharing dan connect untuk hasil yang maksimal
Dengan adanya fitur Co-authoring pada Microsoft Excel memungkinkan Anda untuk mengedit speadsheet yang sama dengan orang lain secara bersamaan walaupun berada di lokasi yang berbeda.
5. Lebih canggih pada saat anda melakukan presentasi data
Conditional Formatting pada Excel 2007 dan 2010 memberi Anda kontrol yang  lebih bergaya dan icon bar data yang tentunya lebih baik dengan kemampuan untuk menyorot item tertentu dalam beberapa klik.
6. Pivot Charts yang lebih interaktif dan dinamis
Kecepatan dalam mengumpulkan wawasan dan kemampuan untuk menampilkan data yang berbeda merupakan salah satu fitur unggulan dari Pivot Chart.
7. Efisien model dan menganalisis pada hampir semua data
The PowerPivot for Excel add -in yang menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan secara cepat memanipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris
8. Kemudaah saat melakukan publish dan sharing melalui layanan excel
Pada Share Point server 2010, Excel telah diintegrasikan sebaik mungkin sehingga memungkinkan pengguna pada bidang bisnis analisis saham maupun yang lain saat melakukan sharing hasil pada organisasi maupun individu dengan cara menampilkan spreadsheet ke Website atau forum.

Cara Menggunakan Microsoft Excel
A. Menu dan icon pada Microsoft Excel

Gambar 1. Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
1. Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3. Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7. Cell
Cell Aktif Penggulung vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom

1.) Microsoft office powerpoint
Microsoft office powerpoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka.
Microsoft office powerpoint digunakan untuk membuat sebuah dokumen presentasi yang didalamnya memuat gambar, tulisan, bahkan efek suara, animasi dan video.
            meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.
           
            Aplikasi powerpoint pertama kali dikemabangkan oleh Bob geskins dan Dennis austin sebagai presenter untuk perusahaan yang bernama FORETHOUGHT inc, yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
            Pada tahun 1987, powerpoint pertama dirilis dan komputer yang didukungnya adalah Apple Machintos. Powerpoint kala itu masih menggunakan warna hitam putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparasi overheat projector (OHP).
            Setahun kemudian, versi baru dari powerpoint muncul dngan dukungan warna, setelah Machintos berwarna muncul ke pasaran.

Microsoft pun mengakusisi forethought, dan tentu saja perangkat lunak powerpoint.
Versi microsoft windows dari microsoft powerpoint muncul kepasaran pada tahun 1990. Sejak saat itu, powerpoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dari aplikasi kantoran microsoft office.
            Dalam powerpoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya objek teks, grafik, suara, dan objek-objek lainnya dipossisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan “slide”.
Istilah slide dalam powerpoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide proyektor biasa. Setiap slide dapat di cetak atau di munculkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar WEBCAST(sebuah siaran di world wide web)
            Powerpoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni:
  • *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.
4. MICROSOFT OFFICE ACCESS
            Microsoft access adalah sekumpulan sebuah data yang terbentuk dalam sebuah database.  sebuah sistem database dari microsoft yang menggabungkan relasional microsoft Jet Database Enginee dengan antarmuka pengguna grafis dan alat pengembangan peranti lunak. Ini adalah anggota dari Suite Microsoft Office aplikasi, termasuk dalam edisi profesional dan lebih tinggi atau dijual secara terpisah.
1.)    Table:  menyimpan data
2.)    Query : memanipulasi data
3.)    Form : fronted aplikasi, untuk manampilkan data dan menambah data
4.)    Report: membuat laporan
5.)    Macro : melakukan satu atau beberapa fungsi
                        Microsoft Access menyimpan data dalam format sendiri berdasarkan akses Jet Database Engine. Hal ini juga dapat menginpor atau link langsung ke data yang tersimpan dalam aplikasi dan databaase.
            Pengembangan perangkat lunak dan arsitek dapat menggunakan Microsoft Access untuk pengembangan perangkat lunak aplikasi, dan “power user” dapat menggunakannya untuk membangun aplikasi perangkat lunak. Seperti aplikasi office lainnya, access ddidukung oleh Visual Basic untuk aplikasi, bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat referensi berbagai benda termasuk DAO(Data Access Object). ActiveX Data Objects, dan banyak komponen ActiveX lainnya. Obyek visual digunakan dalam bentuk dan laporan mengekspos metode dan properti mereka di lingkungan pemrograman VBA, dan kode VBA modul dapat mendeklarasikan dan memanggil fungsi-fungsi sistem operasi Windows.
            Microsoft pertama kali merilis Access versi 1.0 pada 13 November 1992 dan Access 1.1 dirilis pada Mei 1993 untuk meningkatkan kompatibilitas dengan produk microsoft lainnya dan untuk memasukkan bahas pemrograman Basic Access.
            Awalnya, perangkat lunak bekerja dengan baik degan database yang relatif kecil tapi pengujian menunjukkan bahwa bebrapa keadaan menyebabkan korupsi data.
            Microsoft Access 2000 meningkatkan ukuran basis data maksimal 2GB dari 1GB dalam Access 97 .

Microsoft Access 2007 memperkenalkan format database baru : ACCDB . ACCDB mendukung link ke daftar SharePoint dan tipe data kompleks seperti multivalue dan bidang lampiran . Jenis bidang baru dasarnya recordset di bidang dan memungkinkan penyimpanan beberapa nilai atau file dalam satu bidang . Microsoft Access 2007 juga memperkenalkan bidang Lampiran file , yang disimpan data yang lebih efisien daripada OLE ( Object Linking dan Embedding ) lapangan.

        Microsoft Access 2010 memperkenalkan versi baru dari format ACCDB didukung hosting solusi Web Access pada SharePoint 2010 Server . Untuk pertama kalinya , ini solusi akses diperbolehkan untuk dijalankan tanpa harus menginstal Access di PC mereka dan dukungan pertama pengguna Mac . Setiap pengguna di situs SharePoint dengan hak yang cukup bisa menggunakan solusi Web Access . Salinan Access masih diperlukan untuk pengembang untuk menciptakan solusi Web Access , dan versi desktop Access tetap menjadi bagian dari Access 2010 . Solusi Web Access tidak sama dengan solusi desktop . Otomasi hanya melalui bahasa makro ( tidak VBA) yang Akses otomatis dikonversi ke JavaScript . Data tidak lagi dalam database Access tapi daftar SharePoint . Sebuah database desktop Access bisa link ke data SharePoint , sehingga aplikasi hibrida yang mungkin sehingga pengguna SharePoint membutuhkan pandangan dasar dan suntingan dapat didukung sedangkan yang lebih canggih , solusi tradisional bisa tetap di desktop database Access .

       Microsoft Access 2013 menawarkan solusi desktop Access tradisional ditambah diperbarui secara signifikan SharePoint 2013 solusi web [ 10 ] Access Model Web di Access 2010 digantikan oleh arsitektur baru yang menyimpan data dalam database SQL Server yang sebenarnya . . Tidak seperti daftar SharePoint , ini menawarkan desain yang benar database relasional dengan integritas referensial , skalabilitas , diperpanjang dan kinerja yang diharapkan dari SQL Server . [ 11 ] solusi database yang dapat dibuat pada SharePoint 2013 menawarkan antarmuka pengguna yang modern dirancang untuk menampilkan beberapa tingkat hubungan yang dapat dilihat dan diedit , bersama dengan ukuran untuk berbagai perangkat dan dukungan untuk sentuhan . 2013 Desktop Access mirip dengan Access 2010 namun beberapa fitur dihentikan termasuk dukungan untuk akses Proyek Data ( ADPs ) , pivot tabel, grafik poros , koleksi data yang akses , kontrol kode sumber , replikasi , dan fitur warisan lainnya [ 12 ] Akses dekstop . ukuran maksimum basis data tetap 2GB ( seperti yang telah sejak versi 2000 ) .

        Sebelum pengenalan Access , Borland ( dengan Paradox dan dBase ) dan Fox ( dengan FoxPro ) mendominasi pasar database desktop . Microsoft Access adalah program database pasar massal pertama untuk Windows . Dengan pembelian Microsoft FoxPro pada tahun 1992 dan penggabungan Rushmore rutinitas optimasi query Fox ke Access , Microsoft Access cepat menjadi database yang dominan untuk Windows - efektif menghilangkan kompetisi yang gagal untuk transisi dari dunia MS - DOS [ 13 ] .

Codename awal Access adalah Cirrus , mesin bentuk disebut Ruby . Ini terjadi sebelum Visual Basic . Bill Gates melihat purwarupa dan memutuskan bahwa komponen bahasa BASIC harus dikembangkan bersama sebagai aplikasi diupgrade terpisah , proyek yang disebut Guntur . Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah .
                Pengguna dapat membuat tabel, query, form, dan laporan dan menghubungkan mereka bersama-sama dengan menggunakan macro.  Advance pengguna dapat menggunakan  VBA untuk menulis solusi yang kaya dengan manipulasi data canggih dan kontrol pengguna. Acess juga memiliki laporan pembuatan fitur yang dapat bekerja dengan sumber data bahwa  Access dapat “mengakses”.
                Konsep asli Access bagi pengguna akhir dapat untuk “mengakses” data dari sumber manapun.







         
Previous
Next Post »